Bupati Askolani Sebut Perkebunan Plasma Tingkatkan Kesejahteraan Pekebun

AIR KUMBANG— Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH melakukan penanaman kebun masyarakat (plasma) Kelapa Sawit di Desa Muara Baru Kecamatan Air Kumbang, Senin (15/10). Program ini merapakan kerjasama antara Koperasi Tirta Sejahtera Desa Muara Baru dan Koperasi Mekar Jaya Tani Desa Air Kumbang Sakti dengan PT Daya Semesta Agro Persada.

Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH mengungkapkan bahwa kegiatan penanaman pohon kelapa sawit merupakan kegiatan awal yang akan terus ditingkatkan seiring meningkatnya jumlah peserta perkebunan dengan sistem plasma. Orang nomor satu di Bumi Sedulang Setudung ini memberikan apresiasi kepada PT. Daya Semseta Agro Persada terhadap kegiatan penanaman pohon kelapa sawit plasma ini. Menurutnya langkah harus diikuti oleh perusahaan besar lainnya. Kalau hal ini bisa dilaksanakan maka tujuan kita membangun optimalisasi lahan perkebunan dalam rangka membangun perkebunan di Indonesia akan terealisasi.

Lebih lanjut Askolani menjelaskan Peranan perusahaan perkebunan kepala sawit sangat diperlukan karena akan memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi, terbukanya lapangan pekerjaan baru, melestarikan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan petani pekebun.

“Kewajiban mengembangkan lahan kelapa sawit milik masyarakat oleh perusahaan tidak pula bisa dilakukan secara sembarangan. Berdasarkan regulasi yang ada, perusahaan perkebunan harus mengajak kerjasama masyarakat seputar kebun. Kerja sama dengan lahan milik masyarakat masuk kedalam skema kemitraan dengan perusahaan. Menjadi mitra perusahaan juga tidak bisa dilakukan secara individu petani, melainkan harus berhimpun dalam suatu wadah koperasi petani,” katanya

Pembangunan kebun masyarakat Desa Muara Baru (eks UPT SP.6 Air Kumbang Padang) dan Desa Air Kumbang Bakti (eks UPT SP 7 Air Kumbang Padang) Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin merupakan bukti nyata adanya kerjasama antara perusahaan perkebunan kelapa sawit dengan masyarakat sekita lokasi perkebunan.

PT Daya Semesta Agro Persada bekerjasama dengan Koperasi Tirta Sejahtera membangun Kebun masyarakat (plasma) Kelapa Sawit dengan Lahan seluas 560,93 hektar dan 16,07 hektar untuk fasilitas pendukung lainnya. Sedangkan untuk kerjasama dengan Koperasi Mekar Jaya Tani membangun lahan seluas 484,53 hektar.

 Sementara Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan mengharapkan perkebunan plasma ini dapat berlanjut di kecamatan lain.  Menurutnya pola kemitraan merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Kabupaten Banyuasin.

Penanaman perdana dihadiri Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH., Ketua DPRD Irian Setiawan, SH., Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PKT) Kementerian Desa, PDT & Transmigrasi DR. Ir. H.M. Nurdin, MT., Dirjen Perkebunan Kementan Ir. Bambang, MM., Direktur Promosi dan Kemitraan Ditjen PKT Ir. Heriyanto, M.Si, Direktur PT Daya Semesta Agro Persada Erick Setiawan, Asisten Pemerintahan dan Sosial Dr. HM. Senen Har, M.Si., Kadiskominfo Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA., Kadisnakertrans, Ketua PATRI Banyuasin Ir. H. Babul Ibrahim, dan beberapa Kepala OPD lainnya.

 (Diskominfo/PKP)