310 Paket Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya disiapkan Bantu Rumah Tak Layak Huni.

AIR SALEK — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin menyalurkan bantuan stimulan perumahan rakyat (BSPS) sebanyak 310 unit rumah tidak layak huni untuk masyarakat Banyuasin di Desa Sidoharjo Kecamatan Air Saleh, Selasa (25/07).

Plt. Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM yang.   dalam kesempatan ini diwakili oleh Asisten Bidang Adminiatrasi Umum Setda Banyuasin Drs. HM Yusuf M.Si, didampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Banyuasin Noor Yoseph Zaath ST MT, Wakil Ketua DPRD Banyuasin H Askolani SH.

Turut hadir, Anggota DPRD Banyuasin Emi Sumitra, Arisa Lahari, Camat Air Saleh Zainuddin, Kepala desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama Kecamatan Air Saleh.

Kepala Dinas perkimtan Banyuasin Noor Yoseph Zaath menyebutkan jika bantuan 310 unit perbaikan rumah diperuntukkan kepada 4 desa di Kecamatan Air Saleh. Dengan rincian, 154 penerima di Desa Sidoharjo, 60 penerima di Desa Enggal Rejo, 51 penerima di Desa Salek Agung dan 45 penerima di Desa Srikaton.

“Kementerian memberikan bantuan dengan kategori rusak ringan sebesar Rp 7,5 juta, rusak sedang Rp 10 juta dan rusak berat sebanyak Rp 15 juta. Dimana, bantuan uang ini untuk keperluan memberi material bangunan dan dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat desa,” jelas Noor Yoseph.

Wakil Ketua DPRD Banyuasin, H Askolani SH MH berharap penerapan program ini dapat dijalankan dengan baik. Sebagai legislatif, Askolani menegaskan akan memantau penyalurannya agar tidak merugikan masyarakat.

“Kami sebagai wakil rakyat akan memantau dan mendukung pemerintah daerah menyiapkan dana sharing agar program serupa ini juga dinikmati masyarakat berpenghasilan rendah di seluruh Banyuasin,” tegasnya dia.

Plt. Bupati Banyuasin Ir SA Supriono MM melalui Asisten III Setda Banyuasin Dr M Yusuf Msi menyebutkan, peningkatan infrastruktur terutama penyediaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah merupakan salah satu program strategis Pemkab Banyuasin.

“Sebagai upaya peningkatan kualitas rumah bagi masyarakat itu kami mengusulkan perbaikan rumah kepada pihak kementerian sebanyak 500 rumah, dan tahun ini terealisasi sebanyak 310 penerima. Alhamdulillah, masyarakat semakin sejahtera dengan bantuan ini,” ucap Yusuf.

Lebih lanjut, Pemkab Banyuasin menyambut baik program dari kementerian ini, apalagi di Sumsel, Banyuasin menari satu dari 9 Kabupaten yang menerima program ini.

“Diharapkan, program ini pembangunannya dilaksanakan secara swadaya, diharapkan semua elemen terlibat dan mampu bekerjasama dengan baik dan bertanggung jawab, sehingga tujuan untuk menciptakan rumah yang layak dapat terlaksana,” pungkas dia.

(Kominfo/PKP)