Bupati Supriono Harapkan PKK Menjadi Pilar Keluarga Untuk Sejahtera

PANGKALAN BALAI — Kehadiran PĶK yang merupakan organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia cukup dirasakan manfaatnya. Untuk itu sebagai bentuk syukur Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Banyuasin menggelar Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-46 Tingkat Kabupaten Banyuasin Tahun 2018.

Peringatan ini ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Bupati Banyuasin selaku Ketua Pembina PKK Ir. SA Supriono, MM dan Ketua TP PKK Banyuasin  Karwana, SE di Gedung Graha Sedulang Setudung, Selasa (08/05)

Bupati Banyuasin dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan HKG kali ini dapat memberikan kontribusi dalam melakukan perubahan pada masyarakat kearah yang lebih baik. Untuk itulah ia menilai PKK harus berperan aktif mendukung keberadaan masyarakat guna mendayagunakan segenap potensi untuk meningkatkan potensi dan kemandirian masyarakat.

“PKK sebagai suatu gerakan untuk masyarakat diharapkan dapat membantu masyarakat dan menjadi pilar keluarga dalam meningkatkan kesejahteraan. PKK dapat bersinergi dengan Pemkab Banyuasin. Diharapkan, pertemuan ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.  Apalagi saat ini banyak tantangan yang dihadapi khususnya dalam kemajuan teknologi. PKK dapat menjadi benteng pertahanan dampak negatif bagi generasi muda,”ujar Supriono

Pada HKG ke-46 ini, Supriono menghimbau dan mengajak kepada seluruh jajaran Pemkab Banyuasin untuk dapat memfasilitasi Tim PKK Kabupaten Banyuasin dalam rangka pelaksanaan 10 program Pokok PKK melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan khususnya berkaitan dengan keluarga.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada TP PKK atas kerja keras dan dukungan kepada Pemkab Banyuasin karena TP PKK Banyuasin merupakan mitra stategis pemerintah yang menjadi garda terdepan pembangunan,”tuturnya.

Ketua TP PKK Banyuasin Karwana, SE mengatakan tujuan peringatan HKG guna memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip masyarakat, memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga serta meningkatkan motivasi dan kesadaran anggota dan kader TP PKK Banyuasin serta masyarakat untuk lebih tahu melaksanakan program PKK serta terus aktif mendukung kegiatan PKK.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemkab Banyuasin atas bantuan dan dukungan dalam menyukseskan program pokok PKK sehingga seluruh kegiatan di Kecamatan terlaksana dengan baik,”katanya.

Sebelummya, TP PKK Banyuasin telah mengelar berbagai perlombaan disejumlah Kecamatan. Pada puncak HKG Bupati Banyuasin SA Supriono sekaligus Ketua Dewan Pembina TP PKK Banyuasin didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Karwana, SE membagikan hadiah kepada pemenang lomba.

Serangkaian perlombaan memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-46 tahun 2018 diantaranya lomba 10 Program PKK, Lomba Administrasi PKK, Penilaian Pola Asuh Anak dan Remaja Penuh Cinta dan Kasih Sayang (Pokja 1), Penilaian Kelompok UP2K PKK (Pokja II), Lomba Pemanfaatan Perkarangan (Pokja III), Lomba Pelaksana IV A Tes (Pokja IV). Kemudian, Penyerahaan Bea Siswa Tingkat SD, SMP, SMA Berprestasi, Penyerahaan Penghargaan Kader PKK Teladan dan Penyerahaan Hadiah Kader Posyandu Teladan.

Puncak peringatan dihadiri Sejumlah Forkopimda, Pengurus Dharma Wanita Kabupaten Banyuasin, Bhayangkari Banyuasin, Persit Kartika Chandra Kirana, Adhyka Banyuasin, Para Kepala OPD Banyuasin, Camat, Lurah, Kades dan kader PKK se Banyuasin.

(Diskominfo/PKP)