138 Anggota BPD Banyuasin dari 2 kecamatan Resmi Dilantik Bupati Askolani

SUMBER AGUNG — 138 Orang Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Periode 2019 – 2025 dari 2 kecamatan yaitu Kecamatan Selat Penuguan dan Pulau Rimau dilantik serta diambil Sumpah oleh Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH di Gedung Olahraga Desa Sumber Agung, Sabtu (02/11).

Bupati Askolani mengucapkan selamat kepada Anggota BPD yang telah dilantik. Ia meminta agar anggota BPD dapat mengetahui tupoksinya dalam penyelengagraan pemerintahan di desa.

“BPD ada tugasnya menyampaikan aspirasi masyarakat dibawa dalam musyawarah di desa, bersama kades membuat peraturan desa (Perdes). Kemudian mengawasi kinerja kepala desa dalam menyelenggarakan pemerintah desa,” ujarnya.

Untuk diketahui Pemilihan Anggota BPD ini dilakukan secara E-Voting dari 256 desa ada 8 desa yang melakukan Pemilihan BPD dengan metode E-Voting seperti Desa Sri Kembang Kecamatan Betung, Jati Sari dan Karang Sari Kecamatan Karang Agung Ilir, Kenten Laut dan Sungai Rengit Kecamatan Talang Kelapa dan Sungsang I dan Sungsang IV Kecamatan Banyuasin II.

Lebih lanjut Askolani berharap, anggota BPD yang terpilih bisa bekerjasama dengan kepala desa dan ia mengingatkan agar tidak ada gontok-gontokan antara anggota BPD dan kepala desa.

“Kalau terjadi gontok-gontokan bagaimana mau memberikan pelayanan baik kepada masyarakat, jadi, saling sinergi karena BPD adalah mitra pemerintah desa. dan masih banyak tugas yang akan dihadapi kedepannya baik oleh BPD maupun perangkat desa,” katanya.

Sementara itu Ust. Ali Mahmudi Anggota DPRD Banyuasin mengatakan BPD dan kepala desa merupakan mitra dan harus saling bersinergi dalam mengisi pembagunan yang ada di desa. sehingga dengan kewenangan dan pendanaan yang besar harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh desa.

“Itu bisa terjadi kalau ada kerjasama antara BPD dan kepala desa serta perangkatnya,” katanya.

Turut Hadir Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono, SH, PJ Sekda Banyuasin Drs. HM. Senen Har, M. Si, Kepala Dinas PMD Roni Utama, Ap. M. Si juga kepala OPD lainya, Camat Pulau Rimau Drs. Edy Haryono, M. Si, dan Sekretaris Camat Selat Penuguan Sukimin, SP.

 

(DISKOMINFO/PKP)